Sri Caitanya Mahaprabhu menyatakan dalam Caitanya Caritamrita bahwa ketaatan pada etika Vaishnava adalah sebuah perhiasan, yang membuat seorang penyembah menjadi indah dan menarik di mata Tuhan dan di mata dunia. Oleh sebab itu, amatlah penting bagi semua pe-nyembah Tuhan untuk bisa benar-benar memahami etika dan gaya hidup yang demikian.

Informasi tentang hal tersebut tersebar dalam berbagai buku dan di sini dirasakan adanya kebutuhan akan terse-dianya sebuah buku pedoman menyeluruh yang mengumpulkan bukan hanya prinsip-prinsip umum yang mendasar mengenai etika dan pola hidup Vaishnava, namun juga yang bisa menyajikan isu-isu dan masalah-masalah khusus yang berkaitan dengan kondisi nyata di center-center kita.

Karya ini adalah sebuah usaha tulus guna memenuhi kebutuhan tersebut. Disebabkan oleh keterbatasan waktu, tidaklah mungkin untuk menguraikan lebih panjang lagi untuk bisa mencakup semua isu secara terperinci. Nanti-nya, berdasarkan masukan-masukan para penyembah, penambahan dan perbaikan lebih lanjut bisa dilakukan. Sementara itu, mohon memaafkan kesalahan dan keku-rangan karya ini.

Karya ini bisa terwujud atas perhatian khusus yang di-berikan oleh H.H. Radhanatha Swami Maharaja. Beliau telah banyak membantu dalam meyakinkan dan menye-mangatkan penyembah untuk mengumpulkan data, dan memberi nasihat-nasihat berharga, yang terlahir dari pe-ngalaman panjang sebagai seorang penyembah dan pem-bimbing spiritual. Kami berharap dan berdoa memohon bimbingan dan pergaulan beliau senantiasa.

Banyak penyembah lainnya telah meluangkan waktu dan tenaga untuk memberi saran serta komentar dan me-ngetik serta mengedit naskah. Peran mereka sangat ber-harga dalam penyusunan karya ini. Kami menyampaikan terima kasih dengan sepenuh hati kepada mereka semua.

Diharapkan bahwa karya ini, dalam cara sekecil apa pun, bisa membantu penyembah untuk melanjutkan misi Sri Caitanya, Avatara Keemasan pada zaman ini, dan Srila Prabhupada.

Segala pujian kepada Sri Guru dan Sri Gaurangga!

Download E-Book berikut untuk membaca secara lengkap

%d bloggers like this: